Pages

Rabu, 28 Mei 2014

INOUE MAO, Japan artis muda idola Jepang



Inoue Mao adalah salah satu artis idola negeri sakura yang saat ini sedang naik daun. Inoue Mao lahir di Yokohama 9 Januari 1987. Inoue Mao sangat populer sehingga pada saat tahun 1999 sempat masuk ke dalam U-15 (artis muda populer berumur 15 tahun). Inoue Mao dikenal berkat perannya sebagai Imai Akane dalam drama keluarga Kids War. Sebelumnya, Inoue pernah berperan dalam beberapa serial drama lainnya pada saat usianya 5 tahun, namun debutnya dalam drama keluarga Kids War tahun 1999 yang membuat namanya di kenal luas oleh publik Jepang.
Pada tahun 2005, Inoue Mao mendapat peran utama sebagai Makino Tsukushi dalam drama idola  Boys Over Flower di TBS yang diangkat dari shoujo manga terkenal Hana Yori Dango. Kemudian karena kesuksesan perannya sebagai Makino Tsukushi, gadis miskin yang berusaha bertahan bersekolah di sekolah elite ; akhirnya pada tahun 2007 Inoue kembali dipercayakan berperan kembali sebagai Makino Tsukushi dalam sekuel Boys Over Flower yang tayang pada musim dingin.
Saat berusia 19 tahun, Inoue melanjutkan kuliahnya di Universitas Meiji jurusan teater dan literature. Di tahun 2006, Inoue merambah layar lebar membintangi film Check It Out Yo!!! bersama Ichihara Hayato dan Hiraoka Yuta; kemudian pada tahun 2007 kembali membintangi drama musim semi First Kiss bersama rekannya dalam film Check It Out Yo! Hiraoka Yuta.
Setelah kesuksesan 2 drama Hana Yori Dango, karena permintaan banyak fans akhirnya pada Agustus 2007 dibuatlah Film Hana Yori Dango dengan judul Hana Yori Dango Final. Dalam film ini, Inoue berperan pertama kali sebagai pemeran utama. Hana Yori Dango Final menjadi Film Box Office di jepang karena selama beberapa minggu memuncaki bisokop-bioskop di negeri sakura. Bahkan kesuksesan film ini mampu mengalahkan kesuksesan film Indiana Jones yang juga sedang tayang di Jepang. Golongan tua-muda sangat menyukai film ini karena mereka menggangap karakter Makino Tsukushi sebagai superhero. Film ini juga ditayangkan di beberapa negara asia lainnya seperti Beijing,Cina pada bulan Juni 2008, yang menimbulkan banyak kehebohan besar; Taiwan; Korea;Singapura; Tahiland dan Malaysia.  Karena kesuksesan film ini pula  maka Inoue Mao dikenal sebagai aktris 10 miliar yen di Jepang.
Sebenarnya salah satu hal yang memnyebabkan Hana yori Dango sukses besar adalah karena Inoue Mao mampu berakting mirip dengan karakter aslinya di manga. Bahkan, sang pengarang manga hanadan Yoko Kamio mengatakan bahwa dia takjub kalau karakter Inoue Mao hampir mirip dengan Makino Tsukushi yang tangguh dan blak-blakan. Inoue Mao memang dikenal sebagai artis muda yang berbeda dengan artis muda Jepang pada umumnya. Bila artis -artis muda Jepang terkenal selalu menjaga imej maka berbeda dengan Inoue yang dikenal sangat suka berterus terang. Inoue Mao juga sangat sederhana dan apa adanya terbukti saat gadis-gadis muda seusianya suka menguruskan badan, meluruskan rambut dan kadang suka meninggikan suara( gadis muda Jepang suka meninggikan suaranya agar terkesan imut) ; Inoue mao malah bersikap sebaliknya.      
Dalam hal prestasi, Inoue Mao sering kali dinominasikan dan mendapatkan award yang bergengsi seperti memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik dalam Japan TV Award 2005, Aktris terpopuler dalam Nikan Sport Award 2007, Aktris pendatang baru terbaik dalam Hasida Award 2008, Artis terfavorit dalam MTV Nickledon Student Choice Award 2007. Hampir keseluruhan penghargaan yang diperoleh adalah berkat perannya sebagai Makino Tsukushi dalam Hana Yori Dango/Boys Over Flower yang fenomenal.
Selain memiliki bakat akting yang jemmpolan ternyata Inoue Mao sangat peduli akan pendidikan. Berbeda dengan artis idola Jepang lainnya yang kadangkala lebih suka untuk menunda kuliah karena kesibukkan  dalam berakting; Inoue Mao lebih memilih fokus pada pendidikan daripada karir keartisannya. Namun meski dalam setahun Inoue hanya membintangi satu atau dua drama tetap dirinya dikenal sebagai artis muda berpotensi karena Inoue hanya memilih drama yang berkualitas. Dan, Kabarnya bulan Maret  nanti dirinya akan diwisuda dari Universitas Meiji. Bahkan, demi menunggu kelulusan Inoue Mao, pihak prosedur proyek film terbaru yang akan dibintanginya rela untuk menunda syuting demi gadis cantik ini. 
Saat ini di Jepang Inoue Mao dikenal sebagai artis muda yang bebas sensasi/gosip miring dan dikenal ramah pada wartawan. Namun akhir-akhir ini santer si media Jepang Inoue Mao dikabarkan tengah menjalin hubungan asmara dengan lawan mainnya dalam Hana Yori Dango ; Matsumoto Jun. Sebenarnya banyak fans keduanya tidak terlalu kaget dengan kabar ini mengingat kedekatan keduanya baik dalam off screen maupun onscreen pada saat keduanya syuting serial drama populer ini. Namun walaupun sudah tercium media perihal kedekatan keduanya baik Inoue Mao dan Matsujun belum berkomentar apapun. Mungkin ini disebabkan oleh status keduanya yang sama-sama bintang idola yang namanya sedang berkibar. Apalagi mengingat Matsujun adalah salah satu Jianis (sebutan bagi idola yang bergabung dalam Jhonys Enterntainment; Jhonys merupakan agensi artis paling berpengaruh di Jepang).
mao inoue dan jun matsumoto mesranya mereka


Bagi saya pribadi, tindakan Inoue Mao yang lebih mementingkan kuliahnya daripada karir keartisannya yang sedang berkibar di dunia hiburan Jepang membuat saya semakin kagum pada gadis mungil ini selain tentunya pribadinya yang sederhana namun mengagumkan.
Dunia keartisan yang penuh dengan gemerlap dan persaingan ternyata seringkali membutakan banyak pelaku dunia hiburan lupa akan pendidikan. Kejadian ini ternyata tidak hanya terjadi di dunia hiburan kita, Jepang yang penduduknya sangat sadar akan arti pentingnya pendidikan ternyata juga tidak lepas dari hal ini. Banyak artis/aktor muda Jepang yang lebih memilih menunda atau tidak melanjutkan kuliah karena sibuk dengan dunia keartisan mereka.
Di Indonesia sendiri saya juga kagum dengan artis/aktor yang fokus pada pendidikannya seperti: Nicholas Saputra, Dian Sastro Wardoyo. Bagi saya, mereka lebih terlihat intelek dan tidak terlihat bodoh misalnya saat di wawancara media. Keadaan ini kontras dengan artis/aktor yang tidak perhatian pada pendidikan mereka. Umumnya mereka adalah selebriti yang terlihat tidak berkharisma karena otak mereka tidak diisi dengan ilmu pengetahuan…. Sayang sekali
 
web dari blog saya sendiri :  http://myinochinaru.blogspot.com/2014/05/inoue-mao-japan-artis-muda-idola-jepang.html

0 komentar:

Posting Komentar