Pages

Jumat, 10 Oktober 2014

Andai Aku Menjadi Mentri Koperasi



            Kalau ditanya apa yang akan saya lakukan kalau saya menjadi menteri koperasi ? sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang koperasi. Apa itu koperasi? Koperasi  merupakan usaha bersama dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan asas kekeluargaan menjadikan koperasi sebagai usaha yang paling merakyat. Menduduki kursi menjadi seorang menteri koperasi sangat tidak lah gampang terlebih lagi jika kita menjadi menteri koperasi,ditambah lagi keadaan koperasi indonesia saat ini sedang tidak bagus. tujuan utama koperasi itu apa,koperasi didirikan sebagai untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi keanggotaan akan lebih baik dari sebelum bergabung.
            Badan usaha pertama kali yaitu yang di pelopori oleh Bung Hatta,tumbuh atau dari kelas mengah atau disebut juga kalangan rakyat.disebabkan oleh penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial ditumbulkan dari sistem kapitalisme yang semakin tinggi,dengan berputar nya waktu sampailah pada tahun 1908 dimana budi utomo didirikan oleh Dr.Sutomo sebagi peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan perekonomian rakyat.pada tahun 1927 serikat dagang islam,yang bertujuan sebagai memperjuangkan kehidupan ekonomi pengusaha-pengusaha pribumi dan tahun1929 berdiri lah Partai nasional Indonesia dalam memperjuangkan penyebarluasaan semangat koperasi.pada tahun 1933 barulah keluar UU yang serupa dengan UU no. 431 sehingga dapat mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya.tahun 1942 saat jepang menduduki indonesia,lalu jepang juga mendirikan koperasi yang dinamakan kumiyai awal nya koperasi ini berjalan sangat baik dan fungsinya berubah derastis menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan,dan menyengsarakan rakyat indonesia setelah indonesia merdeka,pada tanggal 12 juli 1947,pergerakan koperasi indonesia mengadakan kongers koperasiyang pertama di Tasikmalaya lalu kemudian disebut sebagai hari Koperasi Indonesia.
Sedikit Sejarah mengenai koperasi indonesia. Modal koperasi diperoleh dari anggotanya yang berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Koperasi merupakan badan usaha yang mengutamakan kepentingan anggota tetapi tujuannya untuk memperoleh laba juga tidak diabaikan. Laba yang diperoleh koperasi akan digunakan untuk mengembangkan usaha dan sebagian lagi akan dibagikan sebagai sisa hasil usaha (SHU) kepada anggotanya.
          

              Sesuai dengan peranannya koperasi harus mampu memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat sekitarnya oleh karena itu ukuran keberhasilan suatu organisasi koperasi tidak dilihat dari besarnya keuntungan yang diperoleh namun dititikberatkan pada kemampuan koperasi memuaskan kebutuhan anggota dan masyarakat sekitarnya.
            Saat ini koperasi telah didirikan dimana-mana baik dikota maupun didesa. Masyarakat Indonesia yang saat ini lebih banyak dipedesaan tentu kita harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan taraf hidup mereka, oleh karena itu sebagai seorang menteri saya akan berusaha untuk lebih menggalakkan koperasi baik ditingkat pedesaan, kecamatan, kabupaten, bahkan tingkat provinsi. Dengan mendirikan koperasi ini rakyat kecil akan terlepas dari cengkraman lintah darat.
Seperti kita ketahui ada beberapa macam koperasi antara lain :
·         Koperasi konsumsi
·         Koperasi produksi
·         Koperasi kredit dan simpan pinjam
            Menurut saya, untuk masyarakat pedesaan yang paling cocok dibentuk adalah koperasi kredit (simpan pinjam), jika koperasi ini terbentuk masyarakat belajar untuk menabung dan jika suatu saat butuh biaya besar dengan modal saham yang dimilikinya bisa meminjam koperasi tiga kali dari sahamnya. Disamping itu setiap akhir tahun kepada para anggota juga akan dibagikan sisa hasil usaha (deviden).
            Selain koperasi kredit, koperasi produksi juga perlu dibentuk dan dibina supaya pengusaha kecil mempunyai wadah untuk memajukan usahanya terutama dalam hal permodalan dan pemasaran. Jika masalah permodalan dan pemasaran bisa diatasi semuanya pasti akan berjalan dengan lancar. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya harus diikuti dengan perencanaan yang matang dan pengetahuan yang memadai. Untuk itu melalui kepala dinas di tingkat propinsi akan dibentuk tim untuk menangani masalah koperasi, dari propinsi akan dibentuk tim yang menangani tingkat kabupaten begitu seterusnya hingga tingkat pedesaan. Pegawai koperasi perlu diberikan pelatihan agar mereka terampil dalam menjalankan tugasnya. Dengan meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) saya percaya koperasi akan berjalan dengan lancar dan koperasi yang merupakan badan usaha yang ingin kita jadikan dasar bagi kegiatan ekonomi Indonesia akan tercapai.
            Selain untuk masyarakat pedesaan saya juga akan berusaha mengarahkan semua instasi pemerintah untuk membentuk koperasi dilingkungan tempat kerjanya masing-masing. Saya juga akan mengarahkan semua kepala sekolah baik tingkat SD, SMP dan SMA untuk membentuk koperasi sekolah untuk memenuhi kebutuhan seluruh siswanya terutama pemenuhan alat tulis sekolah dan sebagai tempat pendidikan dan pelatihan koperasi disekolah sejak dini. Begitu pula dengan di universitas-universitas untuk mendirikan koperasi agar mahasiswa bisa memahami lebih lanjut bagaimana koperasi itu bekerja lebih luas lagi agar perkembangan koperasi bisa lebih meningkat.
            Disamping usaha-usaha yang saya sebutkan diatas tadi untuk yang berskala besar perlu juga dilakukan untuk kerja sama koperasi dengan BUMN – BUMD atau BUMS agar perkembangan usaha dapat tumbuh dengan baik sehingga kemajuan perekonomian Indonesia yang merupakan tujuan semua masyarakat dapat segera dicapai.
            Kenyataannya masa sekarang koperasi tidak berkembang karena banyak usaha swasta menguasai produk-produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya saja dalam kehidupan kita sehari-hari, masyarakat lebih sering berbelanja ke giant, hypermart dan lain-lain dibanding berbelanja koperasi sehingga koperasi makin lama mulai meredup. Maka untuk mengantisipasi itu perlu diambil kebijakan supaya koperasi tumbuh dan berkembang dengan cara menyatukan BUMN-BUMD-BUMS untuk membuat industri yang menjadi gabungan koperasi. Dengan digabungnya usaha-usaha diatas tersebut mampu mengumpulkan modal untuk membangun industri seperti industri pangan, makanan ringan, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan alat-alat sekolah dan kantor, alat-alat pertanian dan pupuk yang hasil dari perindustrian tersebut bisa menjadi pemasok barang-barang untuk dikoperasi. Untuk mencapai semua tujuan koperasi yang telah direncanakan tersebut,tentunya koperasi membutukan seorang menteri koperasi yang baik,bertanggung jawab segala ucapaan nya nanti,profesional,dan jujur.sesuai judul artikel saya

“Jika Aku Menjadi Menteri Koperasi”saya akan mengandai-andai bila mana suatu hari nanti menjadi menteri koperasi.agar kita menjadi meneteri koperasi yang dapat diharapkan oleh masyarakat ada beberapa hal yang harus diketahui agar nanti nya dapat merubah koperasi indonesia berubah lebih baik lagi kedepannya,mungkin pertama yang harus dilakukan adalah mengembalikan image koperasi indonesia kembali seperti dulu lagi.seperti berita yang pernah kita dengar koperasi pernah terkena masalah dengan para anggotanya dan kehilangan kepercayaan dari para anggota tersebut.mengembalikan kepercayaan sesorang yang sudah tidak percaya lagi memang tidak mudah namu hal ini adalah kunci dari koperasi kembali berjaya seperti dahulu.
Permasalahan koperasi di Indonesia, Koperasi di Indonesia dalam perkembangannya mengalami pasang dan surut.  koperasi yang berkembang sejak jaman berdirinya koperasi indonesia sampai sekarang tidak ada yang tumbuh menjadi usaha besar yang seperti pelaku ekononomi yang besar.
Adapun Masalah-masalah Koperasi Saat ini di indonesia ialah terdiri dari dua yaitu Permasalahan internal dan eksternal :
  • Permasalahan Internal
    • Kebanyakan pengurus koperasi telah lanjut usia sehingga kapasitasnya terbatas;
    • Pengurus koperasi juga tokoh dalam masyarakat, sehingga “rangkap jabatan” ini menimbulkan akibat bahwa focus perhatiannya terhadap pengelolaan koperasi berkurang sehingga kurang menyadari adanya perubahan-perubahan lingkungan;
    • Bahwa ketidakpercayaan anggota koperasi menimbulkan kesulitan dalam memulihkannya;
    • Oleh karena terbatasnya dana maka tidak dilakukan usaha pemeliharaan fasilitas (mesin-mesin), padahal teknologi berkembang pesat; hal ini mengakibatkan harga pokok yang relative tinggi sehingga mengurangi kekuatan bersaing koperasi;
    • Administrasi kegiatan-kegiatan belum memenuhi standar tertentu sehingga menyediakan data untuk pengambilan keputusan tidak lengkap; demikian pula data statistis kebanyakan kurang memenuhi kebutuhan;
    • Kebanyakan anggota kurang solidaritas untuk berkoperasi di lain pihak anggota banyak berhutang kepada koperasi;
    • Dengan modal usaha yang relative kecil maka volume usaha terbatas; akan tetapi bila ingin memperbesar volume kegiatan, keterampilan yang dimiliki tidak mampu menanggulangi usaha besar-besaran; juga karena insentif rendah sehingga orang tidak tergerak hatinya menjalankan usaha besar yang kompleks.
  • Permasalahan Eksternal
    • Bertambahnya persaingan dari badan usaha yang lain yang secara bebas memasuki bidang usaha yang sedang ditangani oleh koperasi;
    • Karena dicabutnya fasilitas-fasilitas tertentu koperasi tidak dapat lagi menjalankan usahanya dengan baik, misalnya usaha penyaluran pupuk yang pada waktu lalu disalurkan oleh koperasi melalui koperta sekarang tidak lagi sehingga terpaksa mencari sendiri.
    • Tanggapan masyarakat sendiri terhadap koperasi; karena kegagalan koperasi pada waktu yang lalu tanpa adanya pertanggungjawaban kepada masyarakat yang menimbulkan ketidakpercayaan pada masyarakat tentang pengelolaan koperasi;
    • Tingkat harga yang selalu berubah (naik) sehingga pendapatan penjualan sekarangtidak dapat dimanfaatkan untuk meneruskan usaha, justru menciutkan usaha.
                Kesimpulan saya, kalau saya menjadi mentri koperasi di Indonesia saya akan memperbaiki semua nya dan dengan cara saya sendiri, mencari anggota yang professional dan dapat di percaya, jadi bukan sembarang orang dan sebelumnya sudah mendapat ilmu tentang koperasi.


http://muhammadyusuf93.wordpress.com/2012/10/17/jika-aku-menjadi-menteri-koperasi/
 

0 komentar:

Posting Komentar